Installlasi Windows server 2012 R2

INSTALLASI WINDOWS 2012 R2


  
  Hallo guys selamat datang di blogg ini, disini saya akan mencoba untuk menginstall windows server melalui VirtualBox,Windows Server 2012 R2 adalah nama sistem operasi untuk server dari perusahaan Microsoft yang dirilis pada tanggal 18 Oktober 2013, bersamaan dengan Windows 8.1. Sistem server ini merupakan pengembangan dari versi sebelumnya yang disebut Windows Server 2012, disini saya akan langsung memulai mesin, sebelumnya saya telah memasukan iso windows server 2012 R2, dan setting penyimpanan sebanyak 300 gigabyte, setelah itu jalankan lah mesin yang terpasang iso Windows server.

    Pertama kalian akan melihat tampilan seperti ini, disini kalian pilih language for installation English [US] dan pilih waktu sesuai zona negara yang kalian tempati, keyboard or input method kalian pilih US lalu next.

 

Install now


    Disini kalian diberi pilihan untuk tampilan windows kalian gunakan ingin tampilan CLI / GUI
Pada bar pertama adalah pilihan untuk CLI dan yang kedua adalah GUI, disini saya akan mencoba menggunakan CLI lalu menginstall GUI menggunakan command. lanjut next....



Lanjut accept tawaran lalu next...



    Disini kalian pilih Custom 



Disini kalian akan mengatur penyimpanan [membagi bagian], disini saya akan membagi disk sesuai dengan yang saya inginkan seperti digambar...




Disini disk yang telah saya bagi semua sudah primary. pilih disk yang pertama kalian buat lalu next..
 


Tunggu proses installasi CLI disini sedikit memakan waktu mohon sabar..



    Setelah proses installasi CLI Windows selesai, disini saya akan mencoba Mengubah tampilan menjadi GUI.. Pilih OK untuk mengubah password.



    Buat password dengan kombinasi huruf symbol dan angka



buat folder dengan command mkdir mountdir dan cek apakah folder berhasil dibuat ...



Lakukan command Format d: /q 



Masuk ke e: lalu dir



Lalu kalian masukan command dism /get-wiminfo /wimfile:E:\sources\install.wim





    Lalu lakukan command dism /get-wiminfo /wimfile:E:\sources\install.wim /index:2 /mountdir:C:\mountdir /readonly



    Disini kalian lakukan command install-windowsFeature Server-Gui-Shell -Restart -Source C:\mountdir\windows\winsxs untuk menginstall GUI
Di prosess ini memakan waktu yang lama tunggu sekitar 20 menitan 




    Selesaii, kalian telah mengubah tampilan windows menjadi GUI, lanjut login dengan password yang tadi kalian buat.



Windows sudah bertampilan GUI






 SEKIAN MATERI YANG SAYA SAMPAIKAN SAMPAI JUMPAAA...



Tidak ada komentar

Dont forget to comment my blogg guys and thanks

Diberdayakan oleh Blogger.