SWITCHING > MULTILAYER SWITCH

 MULTILAYER SWITCH





     Hallo guys kemabli lagi di blog saya .di blog ini saya akan memberikan sedikit penjelasan tentang multilayer switch dan cara menggunakannya.. lanjutt....

MULTILAYER SWITCH

Multilayer Switch atau Switch Layer 3 adalah switch yang memiliki kemampuan layaknya router yakni menghubungkan host-host yang berbeda jaringan. Dengan menggunakan Multilayer Switch, konfigurasi pembuatan vlan dan menghubungkan antar vlan dapat dilakukan tanpa perlu menambahkan perangkat router.

Disini saya akan configurasi inter vlan menggunakan multilayer switch  
Untuk  configurasi inter  VLAN dibutuhkan suatu perangkat layer 3 baik itu router atau switch layer 3.sebelumnya kita menggunakan metode router on a stick, kali ini kita akan menggunakan switch Layer3(multilayer switch). Inilah kelebihan switch cisco,switch yang lain bekerja pada layer 2, switch cisco dapat bekerja pada layer 3 dan menjalankan routing. Namun, meski untuk routing yang lebih luas lebih dianjurkan menggunakan router sesuai fungsinya.di configurasi blogg ini saya akan mengghubungkan 3 vlan,oke lanjut..
  

Buat topologi seperti berikut





Sesudah membuat topologi buatlah 3 vlan di multilayer switch sesuai topology dan berikan akses vlan pada setiap device yang terhubung dengan masing masing vlan..



konfigurasi untuk berikan akses vlan ke arah setiap end device 






setelah itu kalian berikan ip pada setiap vlan sebagai gateway untuk mengirim setiap data
berikut command pada gambar..








Lalu kalian tambahan ip secara manual pada end device ,ip yang kalian masukan sesuai dengan network yang dimiliki oleh vlan yang terhubung yaa contohnya disini ip saya adalah 10.10.10.3 dikarenakan berada pada network vlan 11,dan isi default gateway dengan ip vlan sebagai gateway..

Tambahkan ip juga pada end device pada vlan 22 dan vlan 33..






Berikan command ip routing agar vlan dapat saling terhubung 



test disini saya menggunakan end device pada vlan 11 disini saya berhasil mengirim paket pada sesama vlan maupun berbeda vlan..





SEKIAN MATERI YANG SAYA SAMPAIKAN .TERIMAKASIHH DAN SAMPAI JUMPAA 







Tidak ada komentar

Dont forget to comment my blogg guys and thanks

Diberdayakan oleh Blogger.